INTERAKTIF EDISI 2

Banyak sekali perasaan yang menggambarkan rasa tidak percaya, bingung dan sebagainya yang diperlihatkan oleh bapak dan ibu guru mata pelajaran Matematika ketika disampaikan bahwa Mata pelajaran Matematika memperoleh ranting paling tinggi sebagai Mapel yang sangat di Favoritekan di SMP 6 Jember. Hal ini sangat wajar karena

Matematika selama ini merupakan pelajaran yang menjadi momok bagi siswa.
Dengan hasil ini Bapak ibu guru Mapel Matematika berhasil membuktikan kepada semua kalangan bahwa Mito situ kini sudah berkhir.
Tentunya bukan perkara mudah untuk membuktikan dan menjadikan Matematika menjadi pelajaran Favourite di SMP 6 Jember. Hal ini tentunya terdapat kiat dan strategi khusus lainnya atau upaya-upaya yang telah di rangkai oleh bapak dan ibu guru Mapel Matematika ini menjadi jurus jitu.
Nah lewat rubrik Interaktif ini kita akan mengetahui bersama seperti apa Pahlawan-Pahlawan kita ini: Pak Saleh, S, Pd. (guru matematika kelas….) Bu Diana,…( guru matematika kelas….), Bu Wiwin (guru matematika kelas….) dan bu Wiwik (guru matematika kelas….).

P.Saleh
Setelah dilakukan Polling, Mata pelajaran bapak mendapat rangking paling banyak di sukai anak anak, Bagaimana komentar bapak?
Tidak terlalu kaget, Karena kami berempat sebagai sesama guru matematika selalu berkomunikasi agar dapat memberikan yang terbaik bagi anak-anak.

Bagaimana perasaan bapak setelah mengetahui bahwa mata pelajaran Matematika banyak di sukai di SMP 6?
Saya senang dan sekaligus menjadi tantangan bagi saya untuk meningkatkan kemampuan diri.

Kira-kira apa yang menyebabkan siswa-siswi suka mata pelajaran Matematika?
Mungkin penampilan dari para guru yang ada di smp 6 ini, ketika mengajar menggunakan teori-teori belajar mengajar yang selalu relevan dengan kondisi siswa

Bagaimana upaya bapak untuk membuat anak-anak menyukai pelajaran Matematika?
Seringkali mengingatkan pada siswa bahwa pelajaran matematika bukanlah pelajaran yang sulit jika anak-anak tekun dan serius.

Hal apa kah yang sering bapak temukan pada saat pemberian materi dikelas yang membuat bapak terkesan?
Kesan yang ada yaitu, jika kita mengajar dengan menggunakan media yang memadai, maka anak-anak akan belajar lebih giat lagi.

Kesulitan apakah yang sering bapak temukan pada saat memberikan materi pelajaran?
Kesulitannya yaitu, ketika masuk kelas atau ketika mengajar tidak menggunakan media secara maksimal

Bagaimana tanggapan bapak mengenai fasilitas yang tersedia di sekolah ini?
Fasilitas yang ada perku ditingkatkan.

Kesan/Pesan kepada sekolah dan siswa-siswi SMP 6 Jember:
Pesan kepada sekolah: Saya berharap kepada seluruh komponen yang ada di sekolah, hendaknya menomorsatukan kemajuan belajar anak-anak untuk mencapai prestasi yang maksimal, baik di bidang intrakulikuler dan juga ekstrakulikuler.
Pesan kepada siswa: Dengan fasilitas dan guru yang berkompeten, hendaknya digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasi belajar dan belajarlah lebih giat lagi agar dapat meraih prestasi

BU wiwin
Setelah dilakukan Polling, Mata pelajaran Matematika mendapat rangking paling banyak di sukai anak anak, bagaimana komentar ibu?
Saya berterima kasih karena pelajaran matematika yang paling disukai, karena selama ini yang tertanam dalam benak siswa pada umumnya adalah pelajaran matematika adalah “momok” bagi siswa.

Bagaimana perasaan ibu setelah mengetahui bahwa matematika banyak di sukai di SMP 6?
Sangat bersyukur berarti upaya saya berhasil untuk mata pelajaran matematika tidak menjadikan anak takut justru sebaliknya. Dan itu membuat saya tambah bersemangat untuk melatih anak-anak khususnya dalam pelajaran matematika.

Kira-kira apa yang menyebabkan siswa-siswi suka mata pelajaran matematika?
Saya kira anak-anak bisa menilai, bagaimana penampilan bapak/ibu guru pada saat mengajar, atau pada saat berada di kelas, bagaiman guru itu tidak membosankan, menjenuhkan, justru guru itu bisa membuat anak-anak krasan tinggal berlama-lama di kelas apalagi penampilan guru yang penuh variasi sehinnga anak-anak merasa senang dan nyaman jika kita berada di kelas sehingga waktu di kelas yang 3 jam tersebut sepertinya hanya sebentar saja.

Bagaimana upaya ibu untuk membuat anak-anak menyukai pelajaran bapak/ibu?
Kadangkala anak itu melihat siapa yang mengajar, jika pribadi yang mengajar menyenangkan otomatis mereka menyukai pelajarannya. Meskipun itu pelajran matematika, tetapi kalau kita mengajar secara professional pasti anak itu merasa suka dengan mata pelajaran kita. Dalam hal ini apalagi dalam system KBK. Anak-anak berikan kebebasan dalam berpendapat dan apapun hasil karya anak harus kta hargai tidak boleh dicemooh meskipun kadangkala kurang sempurna

Hal apa kah yang sering ibu temukan pada saat pemberian materi dikelas yang membuat ibu terkesan?
Dalam pemberian materi, siswa yang sudah bisa, saya beri kesempatan untuk memberitahu yang belum memahami, jadi di sini anak-anak berkelompok dan bekerja sama sehingga di kelas tersebut siswa yang belum bisa berusaha untuk sejajar dengan teman yang sudah bisa dengan kita beri motivasi dan semangat agar anak-anak berusaha untuk selalu belajar.

Kesulitan apakah yang sering ibu temukan pada saat memberikan materi pelajaran?
Saya kira kesulitan itu tegantung situasi kelas masing-masing. Jadi kita harus pandai-pandai agar anak-anak tidak merasa sulit untuk memahami apa yang kita sampaikan.

Bagaimana tanggapan bapak/ibu mengenai fasilitas yang tersediah di sekolah ini?
Cukup, tapi untuk lab matematika harusnya ada, untuk memperlancar KBM.

Kesan/Pesan kepada sekolah dan siswa-siswi SMP 6 Jember:
Kesan saya anak-anak sudah cukup dekat dengan kita, hanya anak-anak kurang digunakan dengan sebaik-baiknya. Pesan saya untuk siswa janganlah lupa belajar setiap hari harus ada waktu untuk belajar karena tugas dan tanggung jawab sebagai siswa adalah “ belajar “ dan harus mempunyai semboyan tiada hari tanpa belajar.

BU diana
Setelah dilakukan Polling, Mata pelajaran ibu mendapat rangking paling banyak di sukai anak anak, Bagaimana komentar ibu?
Bagaikan sebuah mimpi di siang bolong . Semoga mereka memang benar – benar suka dan bukan khayalan untuk menyenangkan guru . Saya harap berawal dari suka bisa meningkatkan prestasi belajar mereka pada pelajaran matematika.

Bagaimana perasaan ibu setelah mengetahui bahwa mata matematika banyak di sukai di SMP 6?
Sangat , sangat, sangat , dan sangat senang

Kira-kira apa yang menyebabkan siswa-siswi suka mata pelajaran Matematika?
Mungkin karena suasana belajar yang menyenangkan dan mungkin karena siswa merasa mudah memahami apa yang disampaikan guru juga mungkin image guru matematika galak sudah mulai menghilang atau mungkin juga penampilan gurunya menyenangkan .

Bagaimana upaya ibu untuk membuat anak-anak menyukai pelajaran Matematika?
Selalu memberi penghargaan pada siswa yang mempunyai kemauan untuk mengerjakan soal tanpa melihat hasil akhir dan Antar guru matematika selalu saling memberikan saran dan kritikan

Hal apa kah yang sering ibu temukan pada saat pemberian materi dikelas yang membuat ibu terkesan?
Kalau ada siswa bisa menjawab soal yang sulit dengan sempurna, kalau ada siswa mempunyai kemampuan kurang bisa menyelesaikan soal dengan mudah, Kalau semua siswa di kelas memiliki antusias yang sangat tinggi terhadap pelajaran.

Kesulitan apakah yang sering ibu temukan pada saat memberikan materi pelajaran?
Mencari bahasa yang tepat untuk siswa-siswi agar mudah dipahami, juga mencari atau menyiapkan media yang sesuai dengan materi

Bagaimana tanggapan ibu mengenai fasilitas yang tersedia di sekolah ini?
Fasilitas sudah cukup . Hanya mungkin pemeliharaan fasilitas yang sudah ada perlu ditingkatkan

Kesan/Pesan kepada sekolah dan siswa-siswi SMP 6 Jember:
Kesan saya sangat senang di SMP 6 karena siswa–siswinya masih bisa menghargai bapak ibu gurunya. Dan pesan saya untuk semua komponen SMP 6 Jember, marilah kita jaga kebersihan sekolah kita, terutama untuk siswa–siswinya menjaga kebersihan lingkungan kelas .

Bu WIWIK

Setelah dilakukan polling, mata pelajaran ibu mendapat rangking paling banyak di sukai anak anak, Bagaimana komentar ibu?
Saya patut bersyukur, mudah-mudahan ini bukan mimpi dan tidak hanya menyenangkan guru pengajarnya.

Bagaimana perasaan ibu setelah mengetahui bahwa mata pelajaran matematika banyak di sukai di SMP 6?
Sebagaimana manusia biasa tentu saja perasaan saya campur aduk, bangga, senang, terharu dsb, sampai tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Kira-kira apa yang menyebabkan siswa-siswi suka mata pelajaran Matematika?
Mungkin kesadaran dari siswa itu sendiri yang merasa bahwa pelajaran ini tidak perlu ditakuti tapi merupakan tantangan yang harus dihadapi atau mungkin suka ya…..pada gurunya kali….

Bagaimana upaya ibu untuk membuat anak-anak menyukai pelajaran Matematika?
Dengan cara menanamkan konsep berani bertanya dan banyak mencoba, jangan takut salah. Belajar dari kesalahan akan tahu dimana letak kebenaran.

Hal apa kah yang sering ibu temukan pada saat pemberian materi dikelas yang membuat ibu terkesan?
Jika anak-anak diterangkan atau dijelaskan semua memperhatikan dan cepat bisa menangkap pelajaran dengan baik dan berani untuk menjawab pertanyaan meskipun masih salah atau benar yang penting anak-anak sudah ada perhatian pada pelajaran itu.

Kesulitan apakah yang sering ibu temukan pada saat memberikan materi pelajaran?
Jika anak-anak sulit untuk menerima konsep dasar sehingga kita harus menjelaskan lagi.

Bagaimana tanggapan ibu mengenai fasilitas yang tersedia di sekolah ini?
Cukup memadai.

Kesan/Pesan kepada sekolah dan siswa-siswi SMP 6 Jember:
Kesan : sangat bangga, terharu dan lain sebagainnya, semoga pelajaran ini memang benar-benar di sukai oleh siswa. Pesan : Jangan takut salah jika kamu ingin sukses, belajarlah coba dan coba lagi sampai berhasil.

Interaktif guru Favourite

Tinggalkan komentar